Paranet Memiliki Peran Penting Pada Tanaman

Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa Paranet Berperan Penting Pada Pertumbuhan Tanaman – Keberadaan naungan pada berbagai tanaman ternyata linier dengan hasil optimal yang ingin didapatkan. Dari berbagai hasil penelitian menunjukkan, bahwa intensitas naungan dan pupuk selalu menjadi andalan akan lingkungan yang mempunyai peran dominan pada berbagai tanaman.

Paranet adalah jenis naungan yang dapat membiaskan sinar matahri menjadi lebih lembut dengan intensitas cahaya yang berkurang namun tetap menembus tanaman. Adanya naungan paranet membuat petani dapat mengontrol intensitas cahaya matahari sesuai dengan yang diinginkan. Dengan demikian kehangatan fotosintesis tanaman dapat disesuaikan dengan ukuran kebutuhan tanaman itu sendiri.

Hasil Penelitian Penggunaan Paranet Pada Berbagai Tanaman
1. Penggunaan Paranet Pada Tanaman Jahe
Beberapa penelitian yang sudah berhasil menunjukkan informasi pentingnya naungan paranet tersebut sebagaimana ditulis oleh Santoso Pamuji dan Busri Saleh dari Jurusan Budidaya Pertanian Universitas Bengkulu. Penelitian yang dilakukan keduanya adalah dengan melakukan perbandingan tanaman Jahe dengan naungan paranet dan tanpa naungan.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Santoso pamuji dan Busri Saleh menunjukkan bahwa peningkatan intensitas naungan paranet dapat dengan optimal meningkatkan jumlah daun, jumlah batang, indeks luas daun, dan berat kering bagian atas tanaman. Peningkatan tanaman dengan naungan paranet mempunyai segnifikansi 25% dan 50%. Penunjang pertumbuhan dengan naungan paranet tersebut adalah dengan memberikan dosis pupuk yang tepat.

Apabila Anda membutuhkan paranet daya serap 50% dan 65% silahkan sms/call: 0852.3392.5564 – 0877.0282.1277 – 08123.258.4950. Info selengkapnya silahkan klik disini.

shade house

2. Penggunaan Paranet Pada Tanaman Kedelai
Penelitian ini dilakukan oleh Lisa Indried Pantilu1, Feky R Mantiri, Nio Song Ai, dan Dingse Pandiangan. Ketiganya adalah Alumni Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Sam Ratulangi Manado Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Sam Ratulangi Manado. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengamatan akan respons morfologi dan anatomi kecambah kacang kedelai pada stadium vegetatif 3 terhadap perbedaan intensitas cahaya matahari yang diterima.

Hasil analisis penelitian yang mereka lakukan menunjukkan bahwa tanaman kacang kedelai dengan perlakuan naungan 90% dengan intensitas cahaya rendah dapat mengakibatkan peningkatan jumlah daun secara segnifikan. Hal ini menjadi penting dikarenakan jumlah daun menjadi penentu utama tanaman akan mengalmi percepatan pertumbuhan (Fitter dan Hay 1992). Keadaan terlihat pada hasil penelitian, yaitu bahwa daun-daun dengan luas daun yang lebih besar mempunyai pertumbuhan yang besar pula.

Didukung dengan cahaya rendah membuat morfologi daun yang lebar dan tipis. Hal ini diperlukan pada kondisi lingkungan cahaya kurang untuk dapat menangkap cahaya sebanyak mungkin dengan cahaya yang direfleksikan serendah mungkin. Peningkatan luas daun memungkinkan peningkatan luas bidang tangkapan dan juga menyebabkan daun menjadi lebih tipis karena sel-sel palisade hanya terdiri dari satu atau dua lapis.

3. Penggunaan Paranet Pada Tanaman Rosela
Penelitian ini dilakukan oleh Tri Astuti dan Sri Darmanti bertempat di Laboratorium Biologi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Jurusan Biologi F. MIPA, Universitas Diponegoro. Tanaman rosella (Hibiscus sabdariffa var. Sabdariffa ) adalah tanaman obat dan penghasil serat. Penemuan terbaru juga menunjukkan bahwa serat rosella juga berpotensi sebagai bahan baku industri kertas (pulp).

Penelitian ini menghasilkan analisis bahwa terdapat interaksi pengaruh naungan dan penyiraman terhadap perkembangan serat rosela. Perlakuan naungan pada semua volume penyiraman berpengaruh meningkatkan diameter dan panjang sel serat, sedang perlakuan tanpa naungan dengan penyiraman pada kapasitas lapang berpangaruh meningkatkan jumlah sel serat.

Naungan paranet pada dasarnya memang untuk melindungi tanaman dari kerasnya cahaya matahari yang berlebihan. Oleh sebab itu banyak universitas di indoensia memberikan gambaran penelitian sebagai upaya meningkatkan hasil pertanian dengan kualitas yang lebih baik. Berangkat dari semangat itu pula kami meyakini, bahwa Hasil Penelitian Menunjukkan Paranet Berperan Penting Pada Pertumbuhan Tanaman.
Baca juga  Jual Paranet Daya Serap 50% dan 65% Harga Murah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s