Cara Meminimalisir Agar Lumut Tidak Tumbuh Di Kolam

 

kolam-lele-organik-usahaternak.JPG

Lumut suka tumbuh di kolam, tumbuhnya lumut hijau yang sangat banyak sehingga air menjadi keruh, apalagi dimusim kemarau. Tumbuhan halus itu sangat mengganggu. Larva dapat terjerat dan akhirnya mati. Demikian pula dengan benih yang berukuran lebih besar lagi. Meski benih lebih kuat untuk menghindarinya, namun jika lumutnya tebal tetap saja dapat terjerat dan akhirnya mati. Selain menggangu ikan, lumut juga sangat mengganggu pada saat panen, karena dapat bercampur dengan ikan dan menyulitkan dalam pembersihan, sehingga untuk memisahkan perlu waktu yang cukup lama.

Tumbuhnya lumut dapat disebabkan oleh kandungan nutrient dalam air. Namun tumbuhnya lumut lebih dominan disenyebabkan oleh intensitas sinar matahari yang sangat tinggi. Untuk membuktikan lebih jauh, coba saja bandingkan antara air yang ditampung di kamar mandi dan air yang ditampung di akuarium samping rumah. Jelas, air yang ditampung di kamar mandi tetap bening dan tidak tumbuh lumut, karena intensitas matahari sangat kecil. Sedangkan air dalam akuarium tumbuh lumut.

Ada berbagai cara untuk mengurangi intesitas sinar matahari, salah satu diantaranya adalah dengan menaikan tinggi air kolam. Namun tinggi air saja tidak cukup, karena sinar matahari pasti tetap menembus hingga ke dasar kolam dan lumut terkadang tetap tumbuh. Untuk menghindarinya, maka air harus dibuat hijau. Dan agar hijau, maka air harus diberi pupuk, kemudian dibiarkan selama 5 – 7 hari. Pupuk yang paling baik bukan kotoran hewan, tapi pupuk higeinis, karena pupuk ini sangat bersih.

Gunakan juga paranet
Dengan memasang paranet di atas kolam menjadi cara lain untuk mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk ke kolam. Paranet tersebut dipasang pada kerangka bambu. Luasan atau jumlah paranet tergantung dari keinginan. Yang pasti semakin banyak paranet, semakin kecil intensitas matahari dan lumut yang tumbuh semakin berkurang. Tentu saja jumlah tersebut harus dicoba terlebih dulu, karena intensitas sinar matahari di setiap daerah tidak sama, ada daerah dengan intensitas lebih tinggi.

*Untuk kebutuhan paranet silahkan call/sms: 087702821277 | 085233925564 | 081232584950  email: limcorporation2009.com
PARANET/SHADING NET (Yarn type) tersebut juga mempunyai daya tahan yang kuat terhadap perubahan cuaca seperti panas dan hujan, tidak mudah sobek atau pecah.

Cara lainnya adalah dengan memasang plastic hitam. Jumlah atau luasan plastic tergantung keinginan. Yang pasti semakin banyak, maka intensitas sinar matahari semakin kecil dan lumut biasanya tidak tumbuh. Namun suhu air di kolam menjadi rendah dan dapat pertumbuhan ikan. Namun tidak perlu khawatir, plastic hitam dapat menyerap cahaya, sehingga suhu air dalam kolam tetapi tinggi, apalagi dipasang dalam greenhouse. Dari gambaran ini adakah pemikiran kita untuk memelihara lele di air bening.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s