PENTINGNYA NAUNGAN PADA TANAMAN

stenotaphrum
Naungan pada tanaman manggis merupakan suatu keharusan. Kebutuhan akan naungan terutama ketika tanaman masih di pembibitan dan selama periode baru dipindah ke lapangan, sampai tanaman benar-benar mampu beradaptasi pada kondisi lapang yaitu sekitar 2 tahun. Apabila naungan tidak diberikan akan berdampak negatif pada kelangsungan hidup tanaman. Tanaman manggis muda yang ditanam pada lahan terbuka tanpa naungan akan menunjukkan penampilan sebagai berikut:

  • Pertumbuhan yang sangat lambat dan munculnya daun muda tidak serentak
  • Titik tumbuh mati dan sulit untuk menghasilkan daun baru
  • Daun mengering dan terbakar
  • Pada kondisi parah dan kurang air dapat mengakibatkan kematian

Naungan yang terlalu rimbun atau kelebihan naungan juga tidak baik untuk tanaman  karena akan terjadi etiolasi. Kebutuhan naungan untuk tanaman yang baru ditanam dilapang sekitar 50-75% dan dapat dikurangi sejalan dengan peningkatan umur dan pertumbuhan tanaman.Oleh sebab itu naungan harus diatur dengan penetrasi cahaya sekitar 50-75%.

JENIS NAUNGAN PADA TANAMAN 

Pada prinsipnya naungan dapat terbuat dari berbagai macam bahan, yang penting tanaman tidak terkena matahari secara langsung pada periode awal penanaman di lapang. Naungan tidak perlu terbuat dari bahan yang mahal, bahkan dianjurkan untuk memanfaatkan bahan-bahan yang ada disekitar kita untuk mengurangi biaya produksi. Naungan untuk tanaman  dapat dibagi menjadi naungan mati dan naungan hidup.

naunganm2

1. Naungan mati

Dapat berupa paranet, anyaman bambu, jerami, daun kelapa, dan sebagainya. Naungan paranet harganya cukup mahal tetapi keuntungannya dapat digunakan dalam jangka waktu lama sampai tanaman tidak membutuhkan naungan di lapang. Daun kelapa baik digunakan karena murah dan mudah didapatkan. Kelemahannya adalah harus sering diganti karena cepat kering dan lapuk. Sebagai penyangga naungan dapat dibuat dari kayu atau dahan pohon-pohonan yang telah dipangkas. Naungan digunakan bersamaan dengan penanaman di lapang. Contoh naungan paranet dan daun kelapa dapat dilihat pada Gambar dibawah.shades_seeds_070912060939_ll.jpg
2. Naungan Hidup

Jenis tanaman yang bisa digunakan sebagai naungan
Naungan hidup adalah naungan berupa tanaman. Pemilihan tanaman yang sesuai sebagai naungan  didasarkan kepada kanopi dan umur tanaman. Kanopi tanaman harus mampu memberikan naungan pada tanaman manggis selama periode baru ditanam di lapang. Umur tanaman naungan tersebut sekitar 1-2 tahun agar tidak terlalu lama berkompetisi dengan tanaman manggis dalam hal hara dan cahaya. Setelah 2 tahun tanaman naungan dapat dibongkar. Tanaman yang sesuai untuk maksud ini antara lain adalah pisang dan pepaya.
Cara penananaman

Tanaman pisang atau pepaya yang akan digunakan sebagai naungan ditanam 6 bulan sebelum penanaman . Idealnya untuk satu tanaman  dibutuhkan dua pohon pisang atau pepaya. Tanaman pisang atau pepaya ditanam pada jarak tanam 2,5 x 3 m. Bibit  ditanam diantara kedua tanaman pisang tersebut setelah kanopi tanaman pisang mampu menaungi. Jarak tanam  dengan pisang sekitrar 1,25 meter. Apabila menggunakan naungan satu naungan tanaman pisang untuk satu tanaman manggis jarak tanam antara pisang dan manggis dibuat lebih rapat. Tanaman manggis yang ditanam diantara dua tanaman pisang terlihat lebih baik pertumbuhannya karena mendapatkan naungan yang maksimal.

Tanaman naungan harus dihilangkan 2 tahun berikutnya sebelum berkompetisi dengan tanaman manggis. Alternatif lain tanaman pisang dan pepaya tetap bisa ditanam diantara barisan tanam  dengan jarak tanam yang lebih lebar namun fungsinya sudah bukan sebagai naungan. Dalam hal ini tanaman pisang berfungsi berfungsi sebagai tanaman tumpang sari dan penyangga ekonomi petani selama tanaman  belum menghasilkan.

 

Baca Juga :

Budidaya Serta Khasiat Tanaman Pare

Rumah Menjadi Rindang Dengan Paranet

Apa Itu Jaring Pengaman Bangunan Proyek / POLYNET

Kegunaan Paranet Untuk Tanaman

Bikin Alernatif Kakaban Ikan Dari Bahan Paranet

 

Kami menyediakan paranet/shading net untuk atap peneduh tanaman,dll. Harga lebih murah ,kwalitas awet. Paranet biasa digunakan untuk atap pada green house, misalnya pada budidaya tanaman sayur, tanaman hias, dan bunga. Bisa juga dipakai untuk peneduh kolam ikan, dll. Ready stock paranet daya serap 60%, 65% ,dan 75% ukuran 3×100 meter bahan plastik. Untuk info harga paranet silahkan sms/call  0812.3258.4950 – 0852.3392.5564. Info selengkapnya silahkan klik http://www.paranet99.com

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s