Panduan Lengkap Budidaya Tanaman Hias Daun Anthurium

anthurium

Berikut Panduan Lengkap Budidaya Tanaman Hias Daun Anthurium. Salah satu daya tarik tanaman hias daun Anthurium adalah pada bentuk dan pola urat daunnya. Daun Anthurium yang berwarna hijau mengkilap, kompak dan terlihat kokoh menyerupai lembaran-lembaran baja dihias serat daun yang rapi. Yang menjadikan tanaman hias daun ini bernilai bisnis tinggi adalah karena tanaman ini memiliki pertumbuhan yang lambat. Satu tanaman Anthurium baru akan muncul daun setelah 2-3 bulan semenjak ditanam. Bagi pecinta Anthurium, biarpun perkembangannya lama, nanum sebanding dengan keindahan yang dihasilkan tanaman hias daun ini.

Faktor Yang Mendukung Tanaman Hias Daun Anthurium Tumbuh dengan Baik

  • Media Tanam
    Tanaman hias daun Anthurium dapat tumbuh pada tempat dengan ketinggian 1.400m dpl. Intensitas sinar matahari yang baik adalah sekitar 30-60%. Intensitas cahaya matahari secara langsung akan membuat daun tanaman ini menjadi berwarna kuning. Budidaya tanaman hias daun Anthurium dalam skala besar biasanya menggunakan paranet sebagai media untuk menaungi. Pilih paranet yang mempu menyerap sinar matahari sampai 70%.

Meskipun Anthurium dapat tumbuh berbagai madia tanam, namun akan lebih baik jika memakai media tanam bersifat porous. Yaitu campuran antara sekam bakar, sekam biasa dan pasir.

Perhatikan pula sirkulasi udara dalam wadah atau pot yang digunakan.

Untuk menghindari serangan jamur, lakukan perendaman dalam larutan anti jamur (fungisida) terhadap media tanam sebelum dimasukkan ke dalam pot. Jika tanaman Anthurium sudah mulai tumbuh besar, perhatikan pertumbuhan akarnya. Apabila media pot sekiranya sudah tidak menampung, pindahkan ke pot yang lebih besar.

  • Contoh Campuran dan Komposisi Media Tanam:
  1. Sekam bakar dan cacahan pakis dengan perbandingan 4:1. Bisa ditambahkan pupuk
  2. dekastar atau oskomot atau pupuk kandang yang telah difermentasi.
  3. Sekam bakar, andam dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1
  4. Humus, pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan 5:5:2
  • Pemeliharaan & Perawatan
    Pemeliharaan tanaman hias daun Anthurium meliputi parawatan tanaman, penyiraman dan pemupukan. Penyiraman dilakukan sehari sekali, jaga agar air tidak menggenang. Sedangkan pemupukan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan unsur hara pada Anthurium. Berikan pupuk decastar setiap tiga bulan sekali.

Baca Juga: Langkah Bikin Tempat tinggal Teduh (shade house)

Info lebih lengkap tentang produk dan harga paranet bisa Hub. 087702821277 | 081232584950 | 085233925564  www.paranet99.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s