Langkah Budidaya Tomat Dengan cara Hidroponik

Tanaman tomat adalah saah satu tipe sayuran yang telah di ketahui orang-orang. Tanaman ini mempunyai manfaat dan nilai ekonomis yang begitu tinggi dibanding dengan tanaman yang lain. Umumnya tanaman ini cuma di tanaman dengan media tanah, tetapi kali ini anda dapat mencobanya dengan media hidroponik berupa arang sekam, rockwool, batu apung, pasir, kerikil, perlit dan dapat juga memakai air atau udara.

tomat-oy-oy

Dengan melakukan penanaman tanaman ini dapat memberikan keuntungan yang lebih untuk para petani yakni bisa memudahkan pemeliharaan, pengewasan, pengentrolan dan hasil yang di berikan sangat baik.

Pemilihan bibit
Sebelum melakukan persemaian sebaiknya melakukan pemilihan bibit, lantaran dengan pemilihan bibit yang berkualitas akan membuahkan hasil yang berkualitas.

  • Penyemaian benih

di lakukan dengan memilih benih yang berukuran kecil, pertama harus mempersiapkan media semai setebal 5-7 cm. lalu pisahkan benih dengan pasir kering yang telah steril dan lakukan pengadukan sampai marata. Jika telah tercampur maka lakukan penebaran diatas permukaan media persemaian. Lalu di tutup dengan semai setipis 3-5 mm, kemudian permukaan wadah semai di tutup dengan kertas tisu yang sudah di basahi dengan handsprayer, simpan di tempat gelap. Namun sebaiknya juga terkena matahari maxsimal 1-2 jam. lalu tunggu sampai munculnya kecambah, dan kertas tisu baru di buang.

  • Transplanting

Setelah bibit mencapai ketinggian 2-3 cm, lakukan pemindahan kedalam pot atau polybag pembibitan.

  • Persiapan nutrisi

Nutrisi yang di gunkan yaitu nutrisi Hydrogroup yang terdapat dari larutan stock A dan B dan pupuk cair lainnya greentonik.

Paranet

  • Persiapan media tanam

Persiapan media ini bisa di lakukan dengan cara :

A.Pembuatan arang sekam

Lakukan penuangan sekam padi yang telah kering dalam tungku pembakaran, sekam yang sudah di bakar rata dan jadi arang ditarik ke bak penampuang arang sekam. Lalu lakukan penyiraman air sampai bara api mati, hal ini di lakukan utuk mencegah hancurnya arang sekam menjadi abu.

B.Pengisian polybag

Aram sekam yang sudah di dinginkan di masukan kedalam polybag sesuai dengan keinginan pemilih. Lakukan pengisian hingga penuh dan rata sampai permukaan.

  • Penanaman tanaman

Penanaman yang baik akan menghasilkan tanaman yang berkualitas. Penanaman ini di lakukan dengan cara mengambil benih atau bibit yang sudah disemaikan berumur 4-5 minggu, dan mencapai ketinggian 10-15 cm atau memiliki daun 4 -5 helai. Lakukan penyiraman aram sekam terlebih dulu dengan larutan nutrisi sebanyak 50 ml per polybag dan lakukan penaburan furadan 3 gram atau secukupnya.

  • Pemeliharaan tanaman

Pemberian nutrisi di lakukan bersamaan dengan penyirman dengan takaran 250 ml pada umur 0-4 minggu, 750 m pada umur 4-6 minggu dan 100 ml berumur 6 minggu hingga panen. Penaungan di lakukan jika tanaman terkena matahari yang terlalu panas dengan menggunakan paranet intensitas naungan 55 %.

  • Pemanenan tanaman

Pemanenan tanaman dengan media hidroponik dapat di lakukan pada umur 9 MST. Dan untuk pemanenan berikutnya dapat di lakukan 5-7 hari sekali. Pemenan ini dapat di lakukan dengan cara memetik buah yang telah layak maupun sudah sempurna untuk dipasarkan. Pemetikan ini juga dapat di lakukan secara langsung ataupun dengan bantuan alat gunting atau lainnya agar tidak merusak tanaman dan menjaga kualitas pada tanaman.

Baca Juga: Pengertian dan Manfaat Paranet

Info lebih lengkap tentang produk paranet bisa dilihat disini www.paranet99.com

Untuk info harga paranet/shading net silakan hubungi kami :
SMS/Call : 0877-0282-1277 | 0852-3392-5564 | 0812-3258-4950

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s