Cara Menanam Kedondong Agar Cepat Berbuah

   Cara menanam Kedondong ada berbagai macam buah yang dapat Anda temukan di Indonesia mulai dari buah musiman hingga buah sepanjang musim.Salah satu buah musiman yang dapat Anda temui yaitu buah kedondong. Buah kedondong mungkin sedikit asing dan jarang di perkotaan.Akan tetapi, buah ini banyak tumbuh di pedesaan. Pada kesempatan ini akan dibahas cara menanam kedondong yang perlu Anda tahu. Buah kedondong memiliki rasa yang masam bila masih muda tetapi terasa manis jika sudah matang yang ditandai berwarna orange tua. Buah kedondong termasuk buah yang langka karena tidak mudah ditemukan di pasaran. Oleh karena itu, perlunya mengetahui cara menanam tanaman kedondong untuk melestarikan buah lokal Indonesia agar tetap ada.

Sebelum anda mengetahui bagaimana cara menanam kedondong, saya merasa anda perlu tahu juga apa sih manfaat buah kedondong yang bisa didapatkan ketika anda mengkonsumsinya. Salah satu manfaat buah kedondong adalah untuk menjaga kecantikan kulit dan juga menangkal radikal bebas sehingga dapat memperlambat proses terjadinya penuaan dalam tubuh anda. Namun, hanya dengan buah kedondong membutuhkan waktu yang lama, untuk memberikan hasil yang cepat dan efektif, bisa dengan suplemen frutablend dan glucella HWI. Anda tinggal memilih salah satu dari kedua produk HWI yang telah kami sebutkan tadi. Keduanya memiliki khasiat yang luar biasa, namun yang sampai sekarang banyak yang mencarinya adalah produk frutablend. Sedangkan untuk perbandingan harga produk frutablend dan juga harga produk glucella, tentu harga produk frutablend lebih murah sedikit. Jadi, berdasarkan penjabaran kami diatas, produk frutablend memiliki nilai plus dibandingkan dengan produk gluccella. Sekarang tinggal anda mau memutuskan produk mana yang cocok untuk anda saat ini. Setelah anda membaca sejauh ini, sudah pasti anda sudah tidak sabar untuk tahu bagaimana cara menanam buah kedondong bukan. Mari kita lanjutkan….

* Baca Juga : Ayo Belajar Budidaya Jambu Biji 

Trik Jitu Cara Menanam Kedondong yang Perlu Anda Tahu

Buah lokal seperti kedondong menjadi buah yang langka sehingga kiat sebagai pewari generasi tua wajib menjaganya agar tidak punah varietas buah kedondong tersebut. Adapun trik jitu cara menanam kedondong yang perlu Anda tahu adalah sebagai berikut.

Penyiapan Benih
Anda dapat menggandakan bibit kedondong dilakukan dengan cara generatif maupun vegetatif. Cara perbanyakan bibit kedondong secara generative yaitu menggunakan biji buah kedondong.Anda memilih bibit buah dari biji kedondong yang kondisinya bagus dan sudah berumut uta agar dapat tumbuh dengan baik. Cara perbanyakan bibit kedondong secara vegetative yaitu dengan menggunakan beberpa cara meliputi pencangkokan, stek batang, maupun okulasi batang tanaman kedondong. Anda dapat memilih cara yang Anda suka.

Penyemaian
Anda persiapkan tempat penyemaian khusus dilengkapi dengan penutup sebagai naungan dan pagar dari kawat untuk melindungi bibit dari hewan.Media tanam penyemaian berupa tanah humus yang dicampur dengan pupuk kandang.Anda masukkan benih bibit pada campuran media tanam tersebut yang sudah ditaruh dalam plastik polybag.Waktu penyemaian yang dibutuhkan untuk sebuah bibit kedondong yaitu sekitar 2 hingga 3 minggu lamanya.

Perawatan Bibit dalam Persemaian
Selama masa persemain bibit kedondong selalu jaga dari gangguan hama maupun hewan. Begitu juga dengan perawatan kebutuhan terhadap air dan unsur hara yang harus selalu dijaga dengan baik.Anda dapat melakukan penyemaian waktu pagi maupun sore.Lakukan perawatan persemaian secara rutin.

* Baca Juga : Cara Tepat Budidaya Apel

Pemindahan Bibit ke Lahan Tanam
Apabila bibit sudah berumur 2 hingga 3 minggu sudah dapat dilakukan pemindahan ke lahan.Sebelum ditanam persiapkan lahan agar subur dan gembur.Cara menyuburkan tanah yaitu dengan dicangkul dan diberi pupuk tanah untuk menambah unsur hara. Unsur hara akan menambah kesuburan tanah sehingga tanaman akan cepat tumbuh dengan baik.

Penyiraman dan Pemupukan
Tujuan penyiraman yaitu menjaga kelembaban tanah dan menjaga agar tanaman tetap subur.Penyirman yang paling baik yaitu pagi dan sore hari.Pemberian pupuk yang sesuai sangat menentukan pertumbuhan tanaman. Anda dapat menggunakan berbagai pupuk seperti puuk kandang, pupuk yang banyak mengandung unsur nitrogen, pupuk urea, pupuk ZA , dll.

Pemanenan Buah Kedondong
Anda dapat melakukan pemanenan kedondong setelah usia tanaman sekitar 5-6 tahun. Akan tetapi Anda dapat mempercepat pembuahan dengan menggunakan obat pemercepat pembungaan.Anda dapat memperoleh obat tersebut di toko pertanian.

Demikian yang dapat dibahas terkait trik jitu cara menanam kedondong yang perlu Anda tahu. Cara menanam yang telah dijelaskan di atas ddapat membantu Anda yang ingin menanam kedondong.Karena langkanya buah ini dipasaran maka menjadi peluang emas untuk memunculkan kembali para pecinta buah lokal agar dapat menikmati buah warisan nenek moyang.Jika tidak ada yang melestarikan buah kedondong maka generasi selanjutnya kehilangan warisan berharga buah lokal kedondong.

Silahkan bagi Anda yang berminat berwirausaha buah kedondong dapat menerapkan trik di atas.

Kami CV.LIM CORPORATION menyediakan paranet berkualitas. Untuk info harga Paranet ter update kami, silahkan klik DISINI. Info selengkapnya hubungi : 085233925564 – 081232584950 – 087702821277 (SMS/CALL/WA).

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s