Cara Melindungi Tanaman Dari Hewan Pengganggu

Mempunyai rumah dengan halaman yang luas dengan pepohonan yang banyak tentu menjadi dambaan banyak orang. Namun bagaimana jika Anda tinggal diperkotaan ?

Anda jangan khawatir, karena keterbatasan lahan yang dimiliki tidak sedikitpun menghalangi niat banyak orang untuk bercocok tanam. Saat ini diperkotaan hobi berkebun sudah menjadi trend masa kini. Walaupun mereka hanya memiliki lahan yang sempit dan terbatas, bisa berkebun dan memanen sayuran dan buah-buahan itu menjadi kebanggan tersendiri bagi mereka.

Terkadang dalam bercocok tanam seperti tanaman pangan, obat-obatan, tanaman hias atau jenis tanaman yang lain sering kita menemui berbagai kendala yang dapat menyebabkan kegagalan seperti curah hujan yang tinggi, terik matahari, gangguan dari binatang lain, hama atau penyakit. Gangguan tidak sepenuhnya dari alam, gangguan juga dapat berasal dari hewan peliharaan kita sendiri seperti burung dan ayam, apalagi jika halaman rumah yang Anda miliki tidak mempunyai pagar sebagai pembatas.

Dengan menjulangnya harga bambu dan kayu menjadikan kami memilih alternatif lain dalam membudidayakan tanaman yaitu dengan menggunakan jaring paranet.

Apa itu Paranet?
Jaring paranet ialah sebuah perangkat semacam jaring yang pada awalnya hanya diperuntukkan untuk pertanian saja. Namun seiring berjalannya waktu jaring ini juga digunakan sebagai pelindung tanaman, kandang ayam dan lain sebagainya. Jaring paranet pada awalnya berfungsi untuk menghalangi sebagaian sinar matahari yang datang ke tanaman. Jaring paranet juga berfungsi sebagai penghalau dalam mengurangi tekanan jatuhnya air hujan yang jatuh ke tanaman. Jaring paranet ternyata tidak hanya dijadikan untuk kandang ayam, melainkan untuk melindungi tanaman dari gangguan binatang lain.

Baca Juga :
Mengenal Hama Tanaman Kedelai & Cara Pengendaliannya
Tips Cara Menanam Singkong Yang Benar
Budidaya Jagung Hibrida
Teknik Jitu Mengendalikan Hama Keong Mas Pada Tanaman Padi

Jaring paranet ini terbuat dari bahan yang mengandung polietilen yang berbentuk anyaman jaring. Bahan ini berasal dari nylon atau plastik. Tetapi ada pula jaring paranet yang dibuat dari tambang dan kawat. Namun jaring dari bahan ini jarang diminati oleh penggemar tanaman, karena jaring tambang memiliki jarak antar lubang yang lebar, sedangkan penggunaan jaring kawat juga dikhawatirkan mudah berkarat.

Bagaimana cara memasang jaring paranet untuk melindungi tanaman Anda dari Ayam ?

Berikut 3 cara memasang jaring paranet untuk melindungi tanaman Anda dari Ayam

1. Anda perlu menyiapkan bambu atau kayu selebar 5 cm dengan panjang 1,5 meter (bisa di sesuaikan dengan kebutuhan tumbuhan).

2. Kemudian tancapkan kayu atau bambu mengelilingi area tanaman. Dengan jarak antara kayu satu dengan yang lainnya 1 meter.

3. Lalu Anda bisa memasang jaring paranet disekeliling tanaman guna melindungi tanaman dari hewan pengganggu seperti ayam, kucing, dan anjing.

Atau anda juga bisa kaitkan dengan tiang penyangga yang terdapat disekitar rumah Anda. Jaring paranet memanglah pada saat penggunaannya cukup efisien dan praktis sehingga tidak heran jika banyak orang menggunakan jaring ini sebagai pelindung tanaman atau untuk kebutuhan yang lainnya.

Kami Lim Corporation juga menjual Bantal Silikon, Kantong Sampah, Karung Beras Dan Kami juga menjual alat – alat Pertanian & Perkebunan. Untuk info lebih lanjut klik -> DISINI <- Atau anda juga bisa hubungi kami di : SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277 . Call dan WA hanya dilayani pada jam kantor pukul 08.15 -16.00 WIB

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s