Strowberry! Buah Imut Mudah Budidayanya

Bila berkunjung ke daerah pegunungan, satu diantara alternatif wisata yang bisa dikunjungi yaitu kebun strobery/strawberry. Di sana kita dapat menuai sendiri buah itu bahkan rasakan kesegaran buah yang barusan dipetik (makan di tempat). Tidak cuma itu, panorama hijaunya daun diselingi buah merah yang bergantungan dari tangkainya pasti begitu memanjakan mata. Di kebun umumnya strobery ditanam didalam pot atau polybag.

Terkecuali lebih gampang untuk perawatannya penggunaan pot atau polybag akan menghemat luas tempat penanaman buah ini. Higienitas buah juga relatif lebih terbangun lantaran tak segera bersentuhan dengan tanah. Untuk pengadaan polybag gampang saja lantaran banyak toko yang jual polybag, untuk harga yang lebih murah Anda bisa menghubungi distributor serta pabrik polybag.

Buah strobery berwarna putih lantas beralih jadi merah saat masak. Rasa buahnya asam manis beri kesegaran bikin kita menginginkan makan lagi serta lagi. Buahnya mengandung anti-oksidan yang tinggi serta kaya vitamin C. Daunnya juga bisa dipakai sebagai obat diare. Terkecuali dikonsumsi dengan cara fresh, strobery dapatlah di proses jadi selai serta dodol hingga lebih awet. Beragam product kecantikan juga memakai buah ini lantaran kandungan zatnya yang bisa melembutkan kulit, mengencangkan pori-pori, bahkan juga memutihkan gigi.

Budidaya Stroberi
1. Penyemaian Biji

cungkil-benih

Anda bisa beli biji strobery di toko pertanian. Biji lalu disemai diatas tisu didalam wadah tertutup. Tisu mesti dijaga dalam keadaan lembab (basah tetapi tak tergenang air), Anda bisa mengechecknya per 2 atau 3 hari sekali. Biji strobery umumnya berkecambah sesudah dua minggu. Tunggulah sampai panjang akar kecambah 5mm-1cm untuk memindahnya ke media tanam.

2. Penanaman

Baca Juga :
Faktor Penting dalam Merawat Anggrek
Cara Budidaya Tanaman Nilam
Cara Menanam Semangka Dalam Polybag Di Halaman Rumah
Budidaya Padi Organik Dengan Metode SRI

Media tanam berbentuk tanah berkompos yang agak berpasir atau dapatlah memakai cocopeat (sabut kelapa) yang digabung tanah. Pakai botol plastik/wadah/polybag ukuran paling kecil untuk menumbuhkan bibit. Bibit (berbentuk kecambah) ditanam lewat cara ditimbun sedikit tanah. Lantas disiram seperlunya. Kemudian, polybag ditutup plastik yang dilubangi untuk melindungi supaya tak berlangsung penguapan air hingga media tanam terbangun kelembabannya. Taruh polybag tersebut di tempat yang hangat. Bibit belum bisa terserang cahaya matahari segera dalam step ini. Sesudah bibit mempunyai 6 daun, bibit ini bisa dipindahkan ke luar ruang tetapi baiknya belum terkena matahari segera. Sesudah daun sejumlah 8 helai, bibit strobery bisa dipindah ke wadah tanam permanen berbentuk polybag dengan ukuran yang semakin besar.

3. Pemeliharaan

pupuk strawberry

Gulma yang tumbuh di sekitaran tanaman strobery mesti disiangi. Pemakaian polybag bisa kurangi jumlah gulma yang mungkin saja tumbuh. Hingga nutrisi yang ada di media tanam bisa diserap oleh tanaman strobery saja.

4. Pemangkasan

pangkas

Tangkai tanaman strobery yang menjulur mesti rajin dipangkas hingga perkembangan bisa konsentrasi ke produksi buah strobery.

5. Pemupukan

strawberry 2

Pemupukan dikerjakan sesudah tanaman strobery berumur 2 bln.. Pupuk yang didapatkan berbentuk pupuk NPK (16 : 16 : 16).

6. Pengendalian hama serta penyakit

penyakit

Sebagian penyakit serta hama yang umum menyerang tanaman serta buah strobery yakni hama penggerek bunga, ulat, busuk akar, busuk buah, serta penyakit layu pucuk. Untuk menanggulanginya Anda bisa memakai pentana+aero 810.

7. Panen

Panen buah strawberry di kawasan Nagreg, Bandung, Jawa Barat

Waktu tanaman berumur 2 bln., bunga bakal nampak. Akan tetapi, buah itu yaitu “buah belajar”yang baiknya dipangkas saja lantaran pertumbuhannya belum maksimal. Sesudah umur tanaman 4 bln. baru bisa diarahkan untuk produksi buah yang maksimal. Buah strobery dipanen bila telah tampak merah prima. Langkah memanen yakni dengan dipotong sisi tangkainya dengan gunting.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s