Cara Mudah Budidaya Buah Zaitun

Zaitun bisa ditanam dengan menanam langsung di lahan khsusus dan lahan perkebunan langsung. Kedua cara ini bisa anda lakukan dengan kebutuhan anda misalnya jika lahan anda sempit anda bisa menggunakan cara bertanam zaitun di polybag, dan begitu sebaluknya jika anda memiliki lahan maka penanaman bisa langsung di lahan.

Tanaman zaitun tergolong mahal, bibit tanaman ini jika anda membelinya di pasaran maka diatas rata-rata tanaman yang bisa kita tanam. untuk harga bibit Rp.200,000 – Rp.250,000 per pohon. Saya sarankan anda membeli langsung ke penangkar atau pembudidaya dan penyedia bibit langsung, namun jika memang tidak ada anda bisa memesan secara online.

Sudah kebayang kan untuk bibitnya saja sudah mahal apalagi dengan menjual hasil panen yang kita akan dapatkan nantinya. Agar tidak menyita waktu dan bertele-tele langsung saja kita bahas gimana cara budidaya zaitun.
1. Siapkan Media Tanam

Jpeg

Untuk awal penanaman anda harus menyiapkan media tanam yang nantinya dibuat tempat tumbuh zaitun. Media tanam anda harus menyiapkan pupuk organik untuk tahap awal, bisa menggunakan arang sekam, tanag, dan pupuk kandang. Campurkan hingga rata ke 3 bahan tersebut dengan perbandingan 1:1:1.. Pembuatan media yang subur memungkinkan peluang hidup tanaman bagus.
2. Persiapan bibit

bibit

Cara mudah yang bisa anda lakukan dengan melihat varietas yang memang berproduksinya tinggi. Untuk syarat tumbuh dari bibit zaitun harus diperhatikan karena bibit ini baru tumbuh dan membutuhkan perawatan yang sangat baik untuk kelangsungannya.

Tanaman yang memang harus kita gunakan sebagai bibit memang harus dikatakan pasti dan berproduktivitas tinggi. Berikut ini adalah uraian untuk penaman awal. Jika anda sudah punya gambaran yang akan ditanam dengan cara penanaman zaitun di pot atau polybag atau juga menggunakan lahan pekerangan rumah atau lahan khusus yang memang digunakan untuk tanaman zaitun.

Baca Juga :
Menanam Bunga Morning Glory
Cara Budidaya Tanaman Nilam
Cara Menanam Semangka Dalam Polybag Di Halaman Rumah
Strowberry! Buah Imut Mudah Budidayanya
3. Penanaman zaitun

zaitun muda

Penanaman dengan cara tersebut memiliki sedikit perbedaan, jika anda membuat dengan lahan caranya gali dan buat lubang tanam kemudian tanah yang di keluarkan ganti dengan media tanam yang sudah kita buat. Jika anda budidaya zaitun di pot atau polybag maka media bisa langsung dimasukan kedalam pot atau polybag.
4. Pemeliharaan zaitun

zaitun pohon

Cukup menyiramnya 1 kali sehari, pagi atau sore hari, sudah bisa merawat zaitun tersebut. Kontrol untuk hama dan penyakit, walaupun tanaman zaitun tahan terhadap serangan hama dan penyakit namun anda harus mengontrolnya. Tanaman ini sangat kuat sekali pada cuaca panas sekalipun dan mudah mempertahankan hidupnya walau kondisi sekitar berubah-ubah.

Jika tanaman sudah berumur 30 hari anda harus meningkatkan perawatannya, perawatan selanjutnya dengan memberikan pupuk susulan, pemberian pupuk berguna mengganti unsur hara dalam tanah dan menambahnya. Biasanya untuk pemupukan anda cukup memberikan pupuk NPK satu genggam. Untuk selanjutnya tanaman akan tumbuh dewasa maka anda tidak perlu memberikan pupuk 1 bulan sekali karena tanaman ini bisa mencari makanan sendiri. Berikan pupuk 3-6 bulan sekali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s