Tips Dan Trik Menanam Bunga Hias Gelombang Cinta!!

Tanaman hias memiliki fungsi dan tujuan untuk menambah keindahan dan kenyamanan taman di rumah. Sesuai yang admin ketahui banyak sekali jenis tanaman hias yang dapat pilih sebagai penghias di taman rumah idaman.

Tapi kadang juga membuat sebagian orang bingung memilih jenis tanaman hias yang akan ditanam di dalam rumah atau diluar rumah. Ditambah lagi, karena pengetahuan tentang jenis tanaman hias yang minim sehingga membuat seseorang asal-asalan dalam menanam tanaman hias.

Nah, untuk memudahkan dalam memilih, menanam dan merawat jenis tanaman hias daun bagi pembaca blog ini jangan bingung, karena saya akan menulis cara menanam dan merawat tanaman hias Gelombang Cinta / Anthurium. Silahkan baca sampai selesai.

gelombangg cintaa

Gelombang Cinta (Anthurium) yaitu tanaman hias yang mempunyai keindahan pada bagian daunnya…. Meskipun memiliki bunga atau tongkol tapi gak semenarik daunnya. Daun tanaman ini berwarna hijau segar, berukuran besar memanjang, dan bergelombang – gelombang. Makin bergelombang makin bagus bentuknya. Gak usah bibit yang besar yang kecil juga tidak masalah. Nah bagi yang penasaran dan ingin membeli bibitnya silahkan pesan ke penjual bibit bunga tanaman hias daun.

Anthurium bisa ditanam langsung di tanah maupun menggunakan media pot. Berikut ini cara menanam bunga Gelombang Cinta / Anthurium.

i. Apabila bibit tanaman bunga ngelombang cinta sudah punya… Langkah pertama … Sediakan pot dan media tanam untuk menanam Bunga Gelombang Cinta / Anthurium.

ii. Masukan beberapa pecahan genteng sebagai alas media tanam, pecahan genteng dapat berpungsi untuk menyaring media tanam agar tidak hanyut pada saat penyiraman.

iii. Pecahan genteng atau potongan gabus dimasukkan kedalam dasar pot. Lalu diisi media tanam hingga setengah dari tinggi pot.

iv. Masukan bunga anthurium yang sudah siap ditanam, lalu tambahkan media tanam sekitar 3 – 5 cm dari permukaan pot.

v. Langkah berikutnya ialah meletakkan tanaman ditempat yang terlindungi dari sinar matahari. Lalu siram hingga basah. Media tanam yang baik bakal langsung mengalirkan air siraman yang berlebih melalui lubang drainase di dasar pot.

bibitt

Diatas adalah cara menanam tanaman Gelombang Cinta / Anthurium… Terus bagaimana cara merawat tanaman anthurium?. Gak perlu bingung baca terus aja Tips dan cara merawat Gelombang Cinta / Anthurium dibawah ini :

i. Meletakan Bunga Gelombang Cinta / Anthurium di tempat yang teduh.

Tanaman gelombang cinta diletakan ditempat teduh.. Tidak terkena sinar matahari langsung.
Sebaiknya tanaman gelombang cinta diletakan ditempat teduh.. Tidak terkena sinar matahari langsung.

ii. Teriknya guyuran matahari yang panas akan membakar daun-daun anthurium dan akhirnya daun dari Bunga Gelombang Cinta / Anthurium warnanya menjadi kekuning-kuningan dan berguguran. Nah, sebaiknya tanaman ini diletakan di tempat yang teduh dan tak terkena sinar matahari seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan teras. Jika ingin menanam anthurium di pekarangan, usahakan posisinya terletak di bawah pohon yang dapat menaungi bunga Gelombang Cinta / Anthurium. Tetapi pastikan tanaman mendapat sinar Matahari Pagi minimal seminggu sekali dengan waktu 10 – 50 menit… Sinar matahari pagi sangat bagus untuk menjaga pertumbuhan daun anthurium agar tetap berwarna hijau segar dan berbentuk sempurna dan menawan.

iii. Anthurium itu menyukai media tanam yang lembab. Namun, tidak basah dan tidak tergenangi air.

Baca Juga :
Menanam Bunga Morning Glory
Cara Budidaya Tanaman Nilam
Cara Mudah Budidaya Buah Zaitun
Strowberry! Buah Imut Mudah Budidayanya

iv. Untuk anthurium yang diletakkan di teras rumah, sebaiknya memutar posisi pot. Tujuannya agar tanaman tersebut bisa tumbuh dengan tegak bukan miring mengikuti arah datangnya sinar matahari.

v. Pemberian pupuk untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman gelombang cinta, biasanya menggunakan pupuk NPK yang dicampur dengan air, dengan dosis 2 gram/liter air. Setelah pupuk NPK larut dalam air selanjutnya menyiramkan ke media tanaman. Tapi ingat… Larutan dari NPK jangan sampai mengenai daun anthurium, karena bisa mengakibatkan kebusukan daun.

vi. Penyiraman bunga Gelombang Cinta / Anthurium minimal 2 hari sekali.

vii. Daun yang sudah tua atau rusak karena hama dan penyakit, dipotong. Terus dibuang jauh – jauh.

viii. Bersihkan daun agar terlihat bersih dan mengkilap, caranya yaitu dengan menggunakan susu cair/susu bubuk. Disamping mengkilapkan daun, tujuannya untuk memberikan nutrisi atau vitamin daun bunga Gelombang Cinta / Anthurium juga .

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s