Cara Mudah Menanam Lemon Di Rumah!!

Bagi masyarakat Indonesia, menggunakan buah jeruk dalam berbagai olahan sudah sangat lumrah. Mulai dari jeruk nipis, jeruk purut, juga jeruk lemon. Jeruk lemon yang beredar di Indonesia umumnya terbagi menjadi dua, lemon lokal dan lemon impor. lemon lokal banyak dijual di pasar dan swalayan. Harga jualnya memang tidak semahal lemon impor, tapi justru hal itu yang membuat lemon lokal menjadi terjangkau oleh berbagai kalangan masyarakat.

Jeruk lemon lokal memiliki bentuk jeruk lonjong agak runcing di bagian unjung-ujungnya. Warna kulitnya hijau, dengan rasa buah yang asam. Bila dibandingkan dengan jeruk lemon import, ukuran buah jeruk lemon lokal lebih kecil, kulit buahnya pun tidak setebal lemon import dan warnanya berbeda. Kulit lemon impor kebanyakan berwarna kuning segar. Rasa buah jeruk lemon impor juga lebih manis bila dibandingkan lemon lokal.

BACA JUGA : Manfaat Dari Kacang Polong Bagi Anda!!

Menanam jeruk lemon lokal di rumah tentunya sangat baik, karena manfaat dari lemon lokal sendiri sangat kaya. Dengan memiliki sendiri tanamannya di rumah, anda tidak perlu repot-repot harus membeli di tukang buah bila membutuhkan lemon lokal. Tanamlah bibit jeruk lemon lokal di dalam pot, bila anda tidak memiliki lahan yang luas. Proses membuat tabulampot lemon sedikit berbeda dengan menanam langsung di kebun, tetapi taka da kesulitan berarti dari kedua proses tanam tersebut. Berikut cara menanam bibit lemon lokal dengan metode tabulampot :

Bahan dan Alat :

• Bibit jeruk lemon lokal
• Pot dengan diameter minimal 30cm
• Pecahan genting/ bata
• Tanah berhumus
• Arang sekam
• Humus bambu

Cara Menanam :

• Siapkan bibit jeruk lemon lokal yang akan anda tanam. Menaman bibit harus menggunakan bibit dengan keadaan sehat dan dengan bentuk sedang, tidak ada bagian yang terkena penyakit, virus maupun serangan hama.
• Tata potongan bata/genting pada dasar pot yang akan anda gunakan.
• Siapkan media tanam. Campur tanah, arang sekam, dan humus bambu dengan perbandingan 1 : 1 : 1.
• Masukkan sebagian media tanam hingga 1/3 dari volume pot yang anda gunakan. Letakkan bibit jeruk lemon lokal tepat di tengah. Lalu tambahkan kembali media tanam hingga kurang lebih 2 cm dari bibir pot.
• Siram media tanam secukupnya hingga media tanam nampak jenuh air. Penyiraman cukup anda berikan pada media tanamnya saja, hindari menyiramkan air ke batang pohon jeruk lemon lokal supaya tidak berpotensi membuat batang busuk.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s