Mengatur Kelembaban Nanungan Paranet Untuk Pengecambahan Generatif

Mengatur Kelembaban Nanungan Paranet Untuk Pengecambahan Generatif

Unit usaha pengembang biakan tanaman membutuhkan persiapan khsusus yang benar-benar matang dan detail. Hal ini dimaksudkan agar benar-benar menghasilkan benig yang berkualitas, sebagai bekal usaha pembibitan kita berkelanjutan. Kuncinya adalah pilihan yang tepat untuk mendudukung pembibitan generatif melalui naungan paranet 45%, paranet 55%, paranet 65% dan juga paranet 75%.

Tentang Pengembangan Tumbuhan Generatif

Maksud dari pengembangan atau pembibitan tumbuhan generatif adalah menumbuh kembangkan semakin banyak tanaman  yang berasal dari biji. Secara ringkas, biji tumbuhan generative melalui proses penyerbukan, yakni saat inti generatif serbuk sari akan membelah menjadi dua sel sperma (gamet jantan). Setelah itu seprma bertemu dengan kedua inti sel (biasanya dibantu dengan angin, binatang seperti kupu-kupu atau lebah) dan terjadilah pembuahan ganda. Mulai saat itulah berkembang menjadi biji atau bakal buah.

Tentang Biji dan Buah

Buah merupakan sarahna paling banyak tumubuhan menyimpan biji. Buah bermula dari kerja bunga dan pertemuan teoung sari yang mendarat pada putik, menghasilkan pembuahan ganda, lalu menjadi bakal buah. Buah berfungsi untuk melindungi biji dan menyimpan hasil fotosintesis.

Pengecambahan Biji, Butuh Naungan Paranet diatas 75%

Istilah ini secara umum dikenal dengan pembibitan tanaman. Proses ini secara sederhana dimulai saat benih disebarkan atau di tanam pada media yang telah disiapkan. Biji dari berbagai spesies tumbuhan akan berkecambah apabila, suhu menguntungkan, persediaan oksigen memadai dan kelembaban media tumbuh cukup dan kontak secara langsung dengan biji.  Bahkan pada dasaranya biji akan tetap berkecambah pada media yang tidak memiliki unsur hara sekalipun.

Namun tanpa unsur hara bukanlah pengecambahan yang baik pada proses pembibitan. Sementara untuk meciptakan suhu terbaik, dibutuhkan naungan paranet 75% pada proses pengecambahan. Sebab dibutuhkan kelembaban yang menguntungkan pda pembelahan biji dan pengecambahan. Jika media kurang optimal benih tidak akan dapat  menguraikan cadangan makanan dalam biji (jaringan endosperma). Hal ini membuat epikotil dan hipokotil tidak akan tumbuh dan berkembang.

Proses pengecambahan terjadi karena benih mengabsorpsi air, kemudian benih menjadi menggembung dan kulit biji pecah. Untuk itulah perendaman sebelum pengecambahan menjadi perlu.  Hal itu dimaksudkan agar air memasuki sel-sel jaringan lembaga dan endosperma.  Kandungan air dalam sel benih akan naik dari tingkat praperkecambahan sebesar 8-14% menjadi lebih dari 90%. Pada saat itu proses pemecahan biji menjadi kecambah dimulai.

Naungan 75% dalam rangka memberi kesempatan akar primer yang masih lembut untuk berkembang dan menghisap air dengan kekuatan yang masih kecil. Kebutuhan nanungan ini dalam rangka memberi kesempatan akar berkembang secara bertahap. Akar primer berkembang mengasilkan akar-akar sekunder, lalu berkembang agi menjadi akar tersier.  Sementara dari epikotil akan tumbuh batang yang akan menghasilkan daun-daun  serta berbagai cabang.

Pertumbuhan akar pada proses ini cukup cepat. Variasi segala pertumbuhan berkembang dalam 36-96 jam.   Perbedaan ini  disebabkan oleh berbagai faktor seperti ketebalan dan struktur kulit biji dan masa dormansi biji.    Kecambah akan tumbuh dan berkembang menjadi tanaman  dewasa.  Dalam proses ini pertumbuhan daun-daun  serta berbagai cabang.

Setelah itu, untuk hasil sempurna pembibitan, maka pengaturan kelembaban dilakukan secara bertahap. Saat kecambah telah tumbuh lebih besar dan disiapkan pemindahan, maka naungan paranet yang memungkinkan adalah paranet 45% – 65%. Kategori parabet ini disesuaikan dengan jenis tumbuhan yang dibibitkan.

OK Sobat Petani, demikian tadi uraian kami tentang Mengatur Kelembaban Nanungan Paranet Untuk Pengecambahan Generatif. Jika Sobat Petani ada yang membutuhkan paranet silahkan hubungi kami di 08123-258-4950 / 0877-0282-1277 / 085233925564 (SMS, Tlp, WA).

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s