Menguntungkan, 4 Trik Budidaya Buah Kiwi

hipwee-Manfaat-Buah-Kiwi-untuk-Kesehatan-dan-Kecantikan-750x351

Buah kiwi dikenal karena mempunyai kandungan vitamin dan juga nutrisi yang sangat penting bagi tubuh konsumen. Karena itu, buah kiwi banyak dicari oleh konsumen karena sangat menguntungkan untuk dibuat bisnis jika Anda membudidayakan buah tersebut. Untuk cara budidaya buah kiwi itu sendiri bisa Anda lakukan sendiri di rumah sesudah menyimak ulasan berikut ini.

1. Menyiapan lahan

Kiwi bisa tumbuh subur di wilayah tropis seperti di Indonesia ini. Penyiapan lahan bisa dimulai dengan cara membersihkan lahan dari tanaman liar yang tumbuh. Setelah itu, gemburkan bagian tanah yang akan ditanami. Kemudian, tanah diberi dengan pupuk kandang secukupnya.

Setelah itu, buatlah lubang tanam dengan jarak sekitar 2 × 2 meter pada bagian tanah yang sudah digemburkan. Proses pembajakan, pemberian pupuk, pengapuran, dan pembuatan lubang tanam sebaiknya dikerjakan 2 minggu sebelum penanaman bibit.

2. Pembibitan

Pembibitan dapat dikerjakan dengan cara menyemai biji buah kiwi dahulu. Untuk membantu selesainya proses penyemaian, biji buah kiwi direndam dahulu dengan memakai air hangat, kemudian keringkan. Setelah itu, simpan biji tersebut dan bungkus dengan tisu ataupun kapas selama 1 malam.

Media yang baik untuk penyemaian yaitu tanah humus. Proses pembibitan sendiri dimulai dari menyebar biji dengan merata di atas tanah, kemudian dibiarkan selama sepuluh hari sampai kecambah dan daun mulai tumbuh. Perlu diingat, bahwa selama proses penyemaian sebaiknya biji diberikan naungan jaring paranet untuk menghindarkan dari sinar matahari secara langsung.

Baca Juga :

Budidaya Cabai Sangat Menguntungkan Dengan Mulsa Plastik

5 Cara Jitu Budidaya Buah Naga Dengan Polybag

Plastik UV Untuk Budidaya Ikan, Lebih Untung Dan Menjanjikan!!

Banner-paranet-plastik

3. Penanaman

Setelah biji buah kiwi memiliki daun, Anda bisa memindahkan biji buah kiwi ke dalam pot sampai ukurannya layak ditanam di atas lahan. Cara menanam benih tersebut yaitu dengan memasukkan bagian pangkal batangnya ke lubang tanam yang sudah siap dipakai. Kemudian timbunlah dengan tanah dan timbunan tersebut agak ditinggikan supaya tak tergenang air pada saat hujan.

4. Pemeliharaan

Perlu dimengerti bahwa struktur tanah yang dibutuhkan untuk menanam pohon kiwi harus sangat kuat, karena tanah dapat menahan beban pohon kiwi yang sangat berat saat pohon tersebut berbuah. Cara memelihara pohon kiwi supaya tumbuh subur, yakni dengan menyirami secara teratur, memupuk tanah secara berkala, memasang paranet untuk menghindarkan dari rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman buah kiwi, dan juga mengendalikan berkembangnya hama pohon dengan penyemprotan. Selain itu, Anda juga perlu memelihara bunga dan membantu proses penyerbukannya dengan kuas yang halus supaya pohon berbuah lebih banyak.

Jika Anda membutuhkan Paranet Untuk Peneduh tanaman ataupun untuk menghindarkan dari hama dan rumput liar dengan harga yang murah dan bahannya lebih awet Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s