Ingin Nikmati Sensasi Rasa Buah Gandaria, Ini Dia Cara Sukses Budidaya Tanaman Gandaria

hqdefault

Gandaria atau nama ilmiah tanaman ini Bouea Macrophylla Griffith yaitu salah satu jenis varietas tanaman yang berasal dari kepulauan di negara Indonesia dan negara Malaysia. Tanaman ini tumbuh pada daerah tropis, dan banyak dibudidayakan di Sumatera serta Thailand. Nama lain dari buah gandaria yaitu jatake.

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Gandaria

Kingdom   : Plantae
Divisi          : Magnoliophyta
Kelas          : Magnoliopsida
Ordo           : Sapindales
Famili         : Anacardiaceae
Genus         : Bouea
Spesies        : B. macrophylla

Pohon buah gandaria mempunyai ukuran sedang dengan tinggi bisa mencapai sekitar 25m dan mempunyai tajuk yang rapat serta mempunyai bentuk dahan lebar memanjang dengan ujung yang tumpul. Bentuk bunga dari pohon buah gandaria ini mirip dengan bunga pada pohon mangga yang warnanya kuning dan muncul di ketiak daun, pohon gandaria ini berbunga pada bulan September sampai dengan bulan Desember. Bentuk buahnya bulat seperti biji kelereng.

Gandaria bisa dimanfaatkan bagian buah, daun, dan batangnya. Buah dari pohon gandaria berwarna hijau ketika masih muda dan umumnya dikonsumsi sebagai rujak ataupun sebagai campuran untuk sambal gandaria. Buah gandaria berwarna kuning bila sudah masak, rasadari buah ini dari asam sampai dengan manis dan bisa dimakan secara langsung atau dibuat sajian yang lain. Bagian daun umumnya dipakai untuk lalapan ketika makan. Bagian batang dari buah ini bisa dipakai untuk papan. Tanaman ini merupakan flora yang identitasnya dari Jawa Barat.

Ada Beberapa Cara Menanam Pohon Buah Gandaria, Yaitu :

Persiapan Bibit Buah Gandaria

Perbanyakan bibit buah gandaria bisa dikerjakan secara generatif melalui biji dan juga secara vegetatif melalui cangkok ataupun stek. Apabila menanam melalui biji, maka pilihlah buah dari pohon mempunyai buah yang bagus. Ambil buah yang sudah masak kemudian pisahkan biji dari daging buahnya. Sesudah itu, semai biji gandaria di lahan semai dengan tekstur tanah gembur serta subur. Tunggu sampai biji tersebut mengeluarkan tunas dan tumbuh. Sesudah tumbuh sekitar 20cm, pindahkan bibit ke polybag yang sudah diisi denngan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang. Rawat sampai mencapai ketinggian 70cm kemudian pindahkan ke lahan tanam yang sebenarnya.

Apabila Anda ingin menanam pohon gandaria dari bibit okulasi atau cangkokan, Anda bisa membelinya di toko tanaman buah. Dan apabila Anda ingin membuat sendiri, pilihlah pohon Buah Gandaria yang mempunyai buah bagus, tak terserang hama pada buahnya, dan kualitas cabangnya juga harus yang terlihat subur. Laksanakan pencangkokan secara benar, supaya menghasilkan bibit yang unggul dan akarnya banyak.

Sesudah cangkokan sudah berakar, maka bisa dilaksanakan pemotongan di bagian bawah cangkokan sekitar 2cm-5cm dari cangkokan. Sesudah itu pindahkan ke polybag yang berisi tanah dan pupuk kandang. Biarkan sampai 1 bulan supaya bibit cangkok pohon buah gandaria benar-benar tumbuh.

Baca Juga :

Persiapan Lahan Tanam Pohon Buah Gandaria

Bersihkan lahan tanam dari gulma atau tanaman pengganggu yang lainnya. Sesudah itu, buatlah lubang dengan ukuran 40cm x 40cm dengan kedalaman sekitar 50cm. Taburkan pupuk kandang atau kompos setinggi 1/3 bagian. Biarkan lubang tanam tersebut selama beberapa hari yaitu sekitar 5-7 hari supaya kondisinya stabil akibat penggalian.

Cara Menanam Bibit Pohon Buah Gandaria

Sesudah semuanya siap, segera laksanakan penanaman. Buka polybag bibit secara keseluruhan dengan cara merobeknya dengan hati-hati supaya tanah dan akar di bibit tak rusak.

Sesudah itu, masukkan bibit ke dalam lubang tepat pada tengah lubang tanam kemudian tutup kembali lubang dengan sisa tanah galian yang terlebih dulu dicampur dengan pupuk kandang atau kompos. Kemudian sedikit padatkan. Laksanakan penyiraman pada pagi hari dan sore hari sampai bibit benar-benar tumbuh, apabila musim hujan penyiraman bisa dihentikan.

Cara Merawat Pohon Buah Gandaria

Laksanakan penyiangan pada rumput atau gulma yang tumbuh pada sekitar pohon gandaria. Laksanakan juga pemupukan susulan dengan memakai pupuk kandang ketika usia tanaman sudah 2 bulan sesudah penanaman. Pemupukan ini bertujuan supaya mempercepat pertumbuhan pohon pada tahun pertama penanaman.

Masa Panen Buah Gandaria

Pohon Gandaria dari hasil cangkokan umumnya akan berbuah lebih cepat, biasanya pohon gandaria hasil cangkokan yang ditanam akan berbuah pada usia 5-6 tahun sesudah penanaman. Tetapi akan lebih cepat lagi tergantung pada pertumbuhan tanaman serta kualitas bibit.

Tanaman Buah Gandaria yang ditanam melalui biji akan lebih lama menghasilkan buah, umumnya pohon gandaria memerlukan waktu sampai 10 tahun untuk bisa menghasilkan buah.

Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Paranet untuk peneduh tanaman atau untuk melindungi dari serangan hama atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih awet Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan:
– Minimal order 5 roll
– harga netto (non PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s