Teknik Menanam Dan Merawat Aglaonema Dengan Naungan Paranet, Dijamin Ampuh

aglaonema5

Tanaman yang populer dengan nama Sri Rejeki ini termasuk salah satu jenis tanaman hias daun dan juga sering disebut sebagai ratu tanaman karena bentuknya yang anggun dan cantik. Nilai jual dari tanaman hias ini sangatlah tinggi. Umumnya Aglaonema ini dijadikan tanaman hias didalam ruangan. Berikut ini cara penanaman tanaman hias aglaonema dijelaskan dalam poin berikut :

CARA MENANAM AGLAONEMA DENGAN BIJI
Apabila ingin menanam aglaonema dari biji, pilihlah biji yang asalnya dari indukan yang sudah cukup tua. Supaya munculnya kecambah lebih cepat, rendamlah biji sekitar 2-3 jam sebelum dilaksanakan penanaman.

CARA MENANAM AGLAONEMA DENGAN STEK
Menanam tanaman hias aglaonema dari stek bisa dilaksanakan dengan menanam pucuk indukan aglaonema. Pilih calon indukan yang batangnya kokoh dan setidaknya mempunyai 5 daun tersisa apabila pucuknya sudah diambil, tujuannya supaya indukan yang sudah diambil pucuknya tai masih tetap hidup.

Potong pucuk indukan yang terpilih, paling tak 6-7 ruas daun. Tanam pucuk aglaonema pada media tanam dan taruh di tempat yang cukup teduh atau beri naungan dari jaring paranet. Kelemahan dari cara menanam dengan stek pucuk yaitu induk yang diambil pucuknya akan tumbuh bercabang nantinya.

CARA MENANAM AGLAONEMA DENGAN CANGKOK
Penanaman aglaonema dengan cangkok tak terlalu sulit tetapi butuh ketelatenan. Bila berhasil Anda akan memperoleh tanaman baru secara cepat, tetapi bila tak berhasil indukan yang dicangkok akan mengalami pembusukan batang. Cara menanam aglaonema dengan cangkok dimulai dengan pemilihan indukan. Tanaman yang siap dijadikan indukan yaitu tanaman yang mempunyai batang yang kokoh dan sudah berwarna cokelat, daun batang dengan warna ini umumya sudah gugur atau bila belum daun akan gugur dengan gampang ketika tersentuh manusia.

Bila sudah menemukan batang yang pas, kelupas sedikit batang pohon sampai terlihat bagian dalamnya yang putih dan liat. Lapis bagian ini dengan kombinasi tanah sekam, pasir malang, humus, dan pakis dan bungkus memakai plastik. Sesudah terbungkus rapat, berilah lubang kecil pada plastik untuk sirkulasi udara sekaligus sebagai lubang perakaran. Semprotkan air pada bagian plastik pembungkus tersebut 2 kali dalam 1 hari dan tanaman aglaonema baru siap ditanam dalam 3-4 minggu.

Baca Juga :

CARA MENANAM AGLAONEMA DENGAN PEMISAHAN ANAKAN
Budidaya aglaonema dengan pemisahan anakan bisa dikerjakan dengan cara memotong akar sambung antara induk dengan anakan. Carilah anakan yang daunnya sudah mekar dan tak tergulung untuk dipisahkan. Sebaiknya sebelum memotong akar sambung, Anda pastikan indukan mempunyai akar yang cukup kuat. Bentuk akar yang cukup kuat yaitu mempunyai warna akar yang putih dan gemuk.

Apabila sudah melaksanakan pemisahan anakan potong bagian pucuk indukan dan sisakan 1 daun saja untuk mempercepat penunasan yang baru. Teknik ini akan berfungsi untuk merangsang aglaonema membentuk tunas yang baru.

Supaya kondisi dari tanaman indukan tetap terjaga, berikan olesan cairan antiseptik khusus untuk tanaman pada bagian yang sudah dipotong kemudian padatkan daerah sekitar akar tanaman induk. Tanaman aglaonema mempunyai pesona dan keindahan yang amat menarik. Meski begitu untuk memperoleh tanaman hias Aglaonema yang mempesona, tentu dibutuhkan perawatan dan pemeliharaan Aglaonema dengan bagus dan tepat.

Walau banyak yang mengatakan cara merawat aglaonema cukup gampang, tetapi jika disepelekan atau merawat dengan sembarangan maka jangan harap memperoleh hasil yang optimal. Bagi pecinta tanaman aglaonema haruslah mengerti dan memperhatikan apa yang diperlukan untuk pertumbuhannya tanaman ini. Berikut ini merupakan cara merawat aglaonema :

MEDIA TANAM AGLAONEMA
Sebaiknya untuk media tanam aglaonema mempunyai tingkat keasaman yang netral sekitar 6-7. Anda bisa memakai campuran antara humus daun dan pasir sebagai media tanam. Masukkan media tanam pada pot sampai dengan 3/4 bagian sesudah sebelumnya Anda letakkan pecahan bata merah atau genting pada dasar pot.

PENYIRAMAN AGLAONEMA
Proses penyiraman bisa dikerjakan 1 hari 1 kali dengan takaran air yang sesuai dengan kelembaban media tanam itu sendiri. Perlu diingat tanaman aglaonema termasuk jenis tanaman yang menyenangi area tak kering tetapi dan tak terlalu basah. Ketika merawat dan menyiram tanaman Aglaonema jangan sampai memakai air kaporit karena akan membuat tanaman layu.

PEMUPUKAN TANAMAN AGLAONEMA
Untuk pupuk harus diberikan dalam 3 bulan 1 kali dengan memakai pupuk yang sudah direkomendasikan oleh para ahli. Anda bisa bertanya kepada tukang taman yang terpercaya untuk merk atau jenis pupuk apa yang cocok untuk aglaonema serta takarannya. Untuk pemberian pupuk alami bisa memakai bekas air cucian beras. Siramkan air bekas cucian beras tersebut ke media tanam, jangan menyiram bagian daun dan batangnya.

PENEMPATAN TANAMAN AGLAONEMA
Letakkan tanaman aglaonema ditempat yang teduh karena aglaonema tak sesuai dengan penyinaran matahari secara langsung. Anda bisa menaruh tanaman ini pada teras atau tempat lain dengan intensitas cahaya matahari yang rendah atau bisa dengan memakai naungan jaring paranet untuk peneduh tanaman aglaonema.

PERAWATAN DAUN AGLAONEMA
Keindahan tanaman hias Aglaonema yaitu di bagian daunnya. Aglaonema akan terlihat mempesona bila daunnya bersih, indah serta mengkilap. Itulah salah satu cara merawat tanaman hias aglaonema.

Untuk mengkilapkan daun tanaman Aglaonema Anda bisa memakai beberapa bahan yaitu air, susu dan ampas kelapa. Cara pemakaian bahan tersebut untuk perawatan daun Aglaonema supaya mengkilap yaitu dengan mengelapkan air ke daun Aglaonema. Basahi spon yang sangat halus dengan air bersih dan kemudian dilapkan pada bagian daun cara inilah termasuk cara yang cukup mudah dan sederhana ketika merawat daun tanaman Aglaonema. Cara merawat aglaonema dengan memakai ampas kelapa yaitu dengan mengoleskan ampas kelapa tersebut pada permukaan daun dengan kain bersih, maka akan berdih dan mengkilap.

Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Paranet untuk peneduh tanaman, peneduh lapangan outdoor, peneduh kolam ikan, untuk atap atau dinding kandang ternak ataupun digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih awet Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan:
– Minimal order 5 roll
– harga netto (non PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s