Inilah Tips Membuat Peneduh Kolam Lele Dengan Paranet

DSC_0139

Jual Paranet Best Quality – Lim Corporation

Lele atau ikan keli, merupakan sejenis ikan yang hidup di daerah air tawar. Lele mudah dikenali sebab tubuhnya yang licin, sedikit pipih memanjang, dan mempunyai kumis yang panjang, yang mencuat dari sekitar pada bagian mulutnya. Membudidayakan lele di kolam atau empang kini jamak dilakukan di pinggiran kota. Selain kandungan gizi lele yang sangat tinggi, faktor pemeliharaannya juga mudah dan banyak konsumen atau penggemar lele yang ingin mendapatkan lele segar langsung dari kolam.

Ingin Dapat Info Pertanian & Perkebunan Terkini? Kunjungi DISINI

Membudayakan ikan lele juga harus diperhatikan baik dari bibit, makanan, tempat tinggalnya. Saat anda berkunjung ke kolam penangkaran lele, sering kali kita melihat di atas kolam terdapat penutup jaring yang berwarna hitam. Jaring atau penutup ini merupakan paranet atau shadingnet. Fungsinya yaitu menutup area kolam supaya saat debit air kolam naik akibat hujan, lele yang berada di dalamnya tak bisa berloncat keluar, karena lele mempunyai tenaga yang luar biasa untuk melakukan loncatan serta lebih agresif dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya.

Baca Juga:

Patut diingat, bahwa ikan lele masih bisa bergerak dan bernafas, meskipun fisiknya tak berada di dalam air. Bayangkan bila kejadian ini berlangsung saat malam hari dan anda tak mengetahuinya. Berapa kerugian yang akan anda diderita akibat kematian puluhan bahkan ratusan lele yang loncat keluar dari dalam kolam penangkaran.

Memanfaatkan paranet, shadingnet, atau jaring penutup untuk menutup kolam lele, sebab bila menggunakan seng untuk penutup, maka kolam tak akan mendapatkan sinar matahari, sedangkan lele membutuhkan sinar matahari untuk keberlangsungan hidupnya, walaupun dasarnya mereka menyukai kondisi kolam yang gelap dengan air yang keruh. Namun, bila memakai plastik sebagai penutup kolam, sifat lele yang agresif dan kuat mampu menembus ketebalan plastik penutup tersebut. Lagi pula penggunaan seng atapun plastik untuk penutup kolam, bisa mengurangi kadar oksigen yang masuk dan mengalir ke dalam kolam lele. Hal ini tentu akan mempengaruhi proses dari pertumbuhan lele secara maksimal.

paranet-1

Paranet yang terbuat dari bahan nylon atau senar ini mempunyai kekuatan yang cukup untuk menahan dorongan dari loncatan lele yang agresif. Selain itu, bentuk paranet yang menyerupai jaring dan berongga – rongga tak akan menghalangi masuknya sinar matahari dan oksigen ke dalam kolam, dua hal itu yang sangat dibutuhkan dalam proses penangkaran lele.

Paranet mempunyai banyak ukuran sesuai dengan prosentase persen sinar matahari yang bisa dihalaunya. Misalkan, paranet dengan ukuran 75%, berarti dapat menahan 75% cahaya matahari dan hanya menyisihkan 25% cahaya yang bisa masuk ke dalam kolam. Tersedia bermacam – macam tingkat kerapatan, mulai dari 50%, 65%, 75% hingga 90%. Kerapatan ini menunjukkan kekuatan dari paranet tersebut. Apabila ukuran kerapatan paranet semakin tinggi, maka semakin tinggi pula tingkat kekuatannya.

Paranet terbuat dari bahan senar atau nylon, sehingga harga paranet tentu jauh dan lebih murah dari harga penutup kolam yang lainnya misalkan seng. Disamping itu, paranet tak berkarat dan dapat digunakan berulangkali. Paranet juga mudah dibersihkan dan tak mudah robek.

Harga paranet sangat bervariatif, tergantung jenis – jenis bahan, ukuran, dan merk paranet. Harga paranet impor tentu jauh lebih tinggi dari pada harga paranet lokal, akan tetapi kelebihan paranet impor bisa bertahan hingga 5 sampai 10 tahun, sedangkan paranet lokal hanya bisa bertahan antara 3 sampai dengan 5 tahun.

Namun anda jangan khawatir, paranet produk lokalpun banyak yang sudah kualitas tinggi yang bisa diperoleh dengan harga yang relatif terjangkau dan bisa bersaing dengan produk – produk impor dari luar negeri. Kini, pilihan berada di tangan anda, sesuaikan pilihan dengan dana yang tersedia. Kesimpulannya, ternyata, paranet tidak hanya dipakai dalam bidang pertanian saja, namun juga dipakai dalam budidaya ikan, antara lain penangkaran lele.

banner paranet 3

* Info selengkapnya mengenai harga Paranet silakan klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan ingin memesan Paranet untuk melindungi tanaman dan sayuran dari panas matahari atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui CALL/SMS pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP.

Customer service :
Telp : 031-8830487 ( Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB )
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email : limcorporation2009@gmail.com
WA : Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan :

– Minimal order 5 roll
– harga netto (non PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s