Ini Dia 5 Cara Atasi Kendala Saat Budidaya di Perkotaan, Mau Tau?

Budidaya di Perkotaan

Konsekuensi tinggal di perkotaan yaitu keterbatasan lahan. Dan membuat proses berkebun juga harus disiasati, contohnya dengan menanamnya di dalam pot. Masalahnya, kapasitas tanam yang terbatas tentunya membuat tanaman juga sulit menghasilkan buah.

Tak jarang tanaman malah tak kunjung berbuah dan daunnya saja yang tambah lebat. Untuk mengatasi hal itu, yuk laksanakan cara berikut ini.

1. Kontrol Jumlah Air

Budidaya tanaman dalam pot tak berarti harus berlebihan dalam menyiramnya. Untuk beberapa tanaman buah seperti mangga dan jambu air, lebih baik cukup disiram 2 kali seminggu ketika baru ditanam.

Sebab, menyiram secara berlebihan akan menghambat rangsangan untuk menghasilkan bunga, justru hanya daunnya yang semakin lebat. Tak hanya itu, di awal penananam, biarkan tanaman terpapar sinar matahari untuk mempercepat proses fotosintesis.

Di musim panas, Anda bisa menambahkan durasi penyiraman, misalnya menjadi setiap hari. Hindari menyiram daunnya ketika pagi hari sebab membuat proses fotosintesis terganggu.

2. Kurangi Daunnya

Apabila tanaman buah Anda malah semakin lebat daunnya, buat tanaman tersebut stres jadi merangsang pertumbuhan bunganya. Caranya, buatlah goresan pada batangnya dan singkirkan daun-daun yang sudah tua serta kering jadi hanya bagian daun mudanya yang masih tersisa.

BACA JUGA:
Memanfaatkan Lahan Sempit Dengan 4 Cara Ini! Mau Tau?
Mengenal Tanaman Herba, Bahan Penyedap Masakan Western, Apa Itu?
Lua Si Pot Pintar, Ternyata Mampu Menunjukkan Ekspresi Lho!

3. Tambahkan Pupuk Kandang Agar Tanah Lebih Subur

Jangan puas hanya dengan menyiram dan membiarkan tanaman terkena sinar matahari. Untuk asupan mineral dari pupuk kandang akan membuat tanaman menjadi tumbuh dengan subur dan menghasilkan tunas baru.

Bila Anda terlalu repot untuk melaksanakan pembelian pupuk, Anda bisa membelinya secara online. Dan pemberian pupuk pada tanaman cukup 1 kali sebulan.

4. Perhatikan Intensitas Sinar Matahari

Terdapat beberapa tanaman yang memerlukan sinar matahari, seperti mangga, sirsak, dan kelengkeng. Tanaman ini akan bertahan meski sinar matahari cukup terik. Akan tetapi, untuk tanaman jeruk, apel, ceri, dan belimbing memerlukan sinar matahari dengan intensitas sedang, karena daunnya mudah layu ketika panas.

Jadi ketika hari mulai memasuki waktu siang, pindahkan tanaman yang butuh sinar sedang ke tempat yang lebih sejuk.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, caranya dengan klik DISINI

5. Bersihkan Area Sekitar Pot

Buanglah segera daun yang jatuh supaya tak busuk, sebab bisa mengundang bakteri dan jamur yang berisiko menularkan tanaman. Laksanakan juga pemangkasan setiap bulan supaya tanaman tak menjadi rimbun dengan daun tua yang membuat pertumbuhan bunga dan bakal buah terhambat. Anda juga harus rajin mengecek kondisi daun dan batang supaya terhindar dari hama.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai “Ini Dia 5 Cara Atasi Kendala Saat Budidaya di Perkotaan, Mau Tau?” dapat berguna dan bermanfaat.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Paranet untuk proses budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Plastik Pertanian & Perkebunan dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk klik DISINI dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s