Yuk Cari Tau Perbedaan Antara Kayu Manis Ceylon dan Cessia

Perbedaan Kayu Manis

Di seluruh penjuru dunia, ada dua jenis kayu manis yang banyak dibudidayakan oleh para petani. Dua jenis kayu manis ini mempunyai keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Ceylon dan cessia sama-sama diminati karena berbagai pertimbangan petani yang menanam kayu manis tersebut.

Kayu manis asalnya dari tanaman Cinnamomum verum. Rempah ini diperdagangkan dalam bentuk kulit kayu yang sudah dikeringkan ataupun minyak atsirinya. Minyak ini diperoleh dari penyulingan daun kayu manis. Sementara, kulit kayu diperoleh dengan memanen kulit kayu tanaman kayu manis dan dikeringkan sebelum diperdagangkan bebas.

Fungsi dari kayu manis juga sangat beragam. Yang paling utama yaitu kayu manis dipakai sebagai bumbu dalam berbagai jenis masakan. Tak hanya itu, kayu manis juga baik untuk menjaga kesehatan seperti mengontrol gula darah, menurunkan kolesterol, dan mencegah penggumpalan darah. Bumbu ini sudah dipakai sejak sangat lama, yakni sejak zaman Mesir Kuno.

Kayu manis yang banyak dikonsumsi yaitu jenis kayu manis cessia dan kayu manis ceylon. Keunggulan kayu manis cessia yaitu aromanya yang jauh lebih tajam. Oleh sebab itu, kayu manis ini banyak dipakai sebagai obat, bumbu dalam masakan, ataupun diambil minyak atsirinya yang nantinya dipakai sebagai bahan baku.

BACA JUGA:
Ini Dia 5 Cara Atasi Kendala Saat Budidaya di Perkotaan, Mau Tau?
Memanfaatkan Lahan Sempit Dengan 4 Cara Ini! Mau Tau?
Mengenal Tanaman Herba, Bahan Penyedap Masakan Western, Apa Itu?

Sementara ini, kayu manis ceylon mempunyai aroma yang lebih lemah jika dibandingkan dengan cessia. Akan tetapi, rempah ini tak mengandung kumarin. Kumarin merupakan senyawa dengan sifat antikoagulan, karsinogenik, dan hepatotoksik yang kuat.

Dan kayu manis ceylon ini lebih banyak dimanfaatkan dalam berbagai kebutuhan. Kayu manis ini dipakai sebagai flavor pada berbagai jenis makanan dan minuman, pewangi pada parfum, dan digunakan sebagai bahan baku obat-obatan.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Obat-obatan yang terbuat dari kayu manis ini diantaranya yaitu anti-oksidan, anti-inflamasi, antimikroba, serta dipakai untuk mengatasi diabetes mellitus, hipertensi, dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolestrerol dalam darah.

Bukan hanya kandungannya, dua jenis kayu manis ini juga dibudidayakan pada lokasi yang berbeda. Kayu manis ceylon lebih cocok tumbuh pada dataran rendah sampai menengah, dengan iklim basah. Sedangkan, kayu manis cessia lebih optimal dibudidayakan pada dataran tinggi.

Negara Indonesia sendiri banyak membudidayakan kayu manis jenis cessia. Sementara itu, Sri Lanka merupakan salah satu negara penghasil kayu manis ceylon yang sudah tak diragukan lagi kualitasnya di tingkat dunia.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai ā€œYuk Cari Tau Perbedaan Antara Kayu Manis Ceylon dan Cessiaā€ dapat berguna dan bermanfaat.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Paranet untuk proses budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Plastik Pertanian & Perkebunan dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk klik DISINI dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031ā€“8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s